18 Juni 2011

Slamat Ulang Taun, McCartney!

Hari ini, 69 Tahun yang lalu, Sir Paul McCartney lahir di Liverpool. Untuk turut merayakan hari bahagia McCartney ini, maka playlist saya sore ini hanya berisi lagu-lagu dari The Beatles, terutama ciptaan McCartney. Saya pun menyusun beberapa lagu terbaik ciptaan McCartney saat bersama The Beatles. Ada lagu yang diciptakan sendiri oleh McCartney, ada yang diciptakan McCartney bersama Lennon dan ada lagu yang diciptakan oleh McCartney namun dalam kreditnya ditulis "Lennon/McCartney". Daftar terbaik ini saya susun mulai dari judul pertama yang muncul di benak saya saat menyebut nama McCartney.

1. "The Long and Winding Road" [Let It Be... Naked - 2003]
Lagu ini merupakan single dari album terakhir The Beatles, Let It Be, yang dirilis pada 8 mei 1970. Namun versi album Let It Be itu jelek. Phil Spector, sang produser, menambah orkestrasi string yang membuat "The Long and Winding Road" terdengar tidak lebih baik dari versi asli yang sebelumnya telah di-mixing Glyn Johns. McCartney yang tidak puas dengan hasil Let It Be, kemudian melakukan mixing dan mastering ulang (sudah termasuk membuang jauh-jauh orkestrasi string yang dipakai Spector) dan merilis kembali album itu dengan nama Let It Be... Naked pada 2003. Bagi saya "The Long and Winding Road" adalah karya terbaik yang dimiliki The Beatles. 

2. "Penny Lane" [Magical Mystery Tour - 1967]
















3. "Hey Jude" [1968]
Lagu yang ditulis McCartney untuk menyenangkan Julian Lennon karena perceraian orang tuanya (John & Cynthia Lennon). Namun entah kenapa, tiap kali bertemu pengamen yang sering memainkan The Beatles, lagu yang selalu saya pesan untuk dimainkan adalah "Hey Jude". Lagu wajib karaoke akhir pekan. Part "Na.. Na.. Na.." di akhir lagu selalu menjadi bagian favorit semua orang.

4. "I Will" [White Album - 1968]




















5. "Good Day Sunshine" [Revolver - 1966]

6. "Let It Be" [Let It Be - 1970]

7. "Yesterday" [Help - 1965]

Selamat ulang taun Om Paul McCartney! Semoga panjang umur dan semoga mimpi saya untuk menyaksikan penampilan Anda dan menyanyikan "The Long and Winding Road" bersama bisa segera terwujud.

Tidak ada komentar: