16 Juni 2007

DREADLOCK

Mari “budayakan” DREADLOCK
Werds by ex a.k.a echal

Bob Marley mungkin gak pernah menyangka kalo model rambut dreadlocknya bakal diikutin banyak orang sekarang ini… Model rambut dreadlock (sebutan untuk gimbal) yang awalnya merupakan identitas dari para Rastafarian (pengikut rasta) kini telah digandrungi oleh berbagai kalangan. Gak hanya penikmat musik reggae atau seniman saja, namun udah sampe ke kalangan orang kantoran…yeah, believe it or not!! Begitulah kenyataannya. Dreadlock mulai muncul dan eksis di Indonesia pada era 80an. Pada masa awalnya memang masih para pemusik reggae saja yang ber-dreadlock, sebut saja Tony Q Rastafara yang hingga kini masih betah dengan gaya rambut dreadlocknya, sekarang orang-orang dengan gaya rambut dreadlock bisa kita temui dimana saja. Ada suatu kebanggan tersendiri ketika seseorang itu bergimbal. Meski kesan di mata orang-orang awam kalo orang yang gimbalan tu pasti kotor, kumel, gak terurus, slengean dan sebagainya….
Gak sulit koq ngewat Dreadlock!!!
Di negeri asalnya Afrika, Dreadlock merupakan seni mengunci rambut dengan cara memintal atau menganyam rambut. Dalam 2 dekade terakhir teknik “mengunci” rambut ini pun mulai berkembang. Orang-orang mulai bereksperimen dengan menggunakan lem, wax, air laut, bahkan air bir. Namun ada beberapa diantara metode-metode ini yang malah menyebabkan kepala menjadi pusing, berketombe hingga yang paling parah bisa berkutu. Adalah Ipo (dreadlock artist asal jogjakarta) yang kemudian mengenalkan teknik dreadlock baru yakni sasak-sulam-ikat pada tahun 1998. Dengan metode seperti ini kekhawatiran akan tumbuhnya ketombe & kutu pun dapat dihilangkan. Merawat rambut seperti ini ternyata tidak sesulit dibayangkan. Anda (atau saya) hanya perlu rajin keramas dengan shampoo yang biasa dipakai (gak perlu pake shampoo khusus gimbal.. kayaknya juga belum ada shampoo kayak gini) serta vitamin penguat akar rambut. Karena rambut gimbal akan tumbuh dengan sehat apabila perawatannya juga baik.
Mencoba hal-hal baru yang belum pernah anda lakukan bukan suatu tindakan yang salah, apalagi kalo hal-hal tersebut masih positif. Bergimbal mungkin??? Bergimbal tidak akan mempengaruhi kesehatan jiwa anda. Paling hanya mempengaruhi persepsi orang tua pacar terhadap anda…..hehehe….Sempat terlintas dibenak saya.. “kayaknya seru juga kalo semua orang di dunia ini gimbalan”…Hahaha…bayangkanlah!!!.
“Mari budayakan Dreadlock”.

Diambil dari bucks magazine #3 “born and loose control wid the inspiration of Jah”
foto bobmarley juga dicari di mboke
foto lainnya
disini serta koleksi ex

2 komentar:

hispanic_hippie mengatakan...

hai hai hai.... gue pengen bikin dreadlock nih tapi ga tau artistnya/nyarinya dimana.. please give me more infooo...??? makasih sebelumnya :D

ex mengatakan...

kalo anda di jogja. coba ke HITAM ato ke Jamaican Shop di babarsari aja. Ipo juga ngegimbal disitu...
makasih juga....
smoga harimu menyenangkan..
Jah bless ya..