01 Januari 2014

Marhaba

"Namanya Abizar Ramadan Zuhdi. Bagus tidak?"

"Bagoooss!!" teriak seratusan jamaah masjid al-falah serempak. Malam ini baru saja dilangsungkan Marhaba: prosesi potong rambut dan "pengesahan" nama anak tersebut. Marhaba dilakukan selepas isya dan dihadiri seratusan jamaah yang kebanyakan orang tua juga anak kecik yang menyaksikan dari jendela.

Tiap kamis malam di masjid Al-Falah Jerambah Rengas dilangsungkan yasinan rutin. Alangkah lemaknya membuat acara potong rambut di sini. Tak perlu menyewa tenda, kursi dan bikin undangan. Bikin di kamis malam saja. :D

Abizar -yang lahir 28 juli 2013 lalu itu- menangis sepanjang Marhaba. "Biasa kalau acara seperti ini bayinya tidok dibacain ayat-ayat suci. Kata orang tua, kalau anaknya nangis seperti itu besarnya nakal," ujar Arsoni. Entah benar apa tidak, bayi ini masih terlalu menggemaskan untuk divonis nakal.

Setelah potong rambut, diiringi sholawat Abizar digendong keliling sang ayah ke setiap jamaah untuk diusap kepalanya. Saya lebih ingin mencubit pipi anak ini ketimbang mengusap kepalanya.

Nah bagian selanjutnya juga tak kalah ramai. Seorang ibu datang dan membagikan bendera uang bergambar wajah Abizar dan uang seribu yang menjadi rebutan bapak-bapak juga anak-anak kecik. Seusai prosesi Marhaba, semua jamaah menuju rumah di samping masjid. Sudah di sajikan Lakso di sana. "Kalau yang punya hajatan orang berduit, biasanya ada telok-nya," kata Arsoni lagi. Lakso kali ini tanpa telok, hanya laksa yang disiram santan.

Malam ini kami jadi tamu tak diundang yang disambut begitu ramahnya.

26/12/13

Tidak ada komentar: